Artikel ini seri ke-2 dengan judul yang sama.

First Lesson On Money Making

1.“Before you can make money, you should make a lot of friends”

Minggu lalu saya berkesempatan mengikuti seminar Becoming Your Super Self dengan pembicara Mario Teguh, seorang konsultan bisnis yang ternama. Biaya mengikuti seminar Rp 1.000.000. Peserta seminar, selain bisa bertemu Mario Teguh di seminar, bisa berinteraksi via mailing list yang saat ini sudah beranggotakan 870 orang.

Berkomunitas artinya kita menjadi bagian dari suatu komunitas dan memiliki teman-teman baru dari industri yang beragam di luar tempat kerja kita. Berani keluar dari zona kenyamanan untuk mengenal orang-orang baru.

Orang sukses ditentukan oleh buku apa yang dia baca dan dengan siapa dia bergaul.Menjadi suatu komunitas yang berisikan orang-orang yang ingin menuju pada kebaikan adalah suatu cara menuju sukses. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang tidak lebih baik dari kita maka jangan harap nasib kita akan berubah.

Kembali pada komunitas yang dipimpin Mario Teguh tadi, satu hari seusai seminar beberapa peserta langsung membagi ilmu yang diperoleh dari seminar sehari sebelumnya. Herannya, beberapa peserta malah berkeluh kesah dengan mengatakan bahwa betapa dia ingin ikut seminar dan 1 hari dia berharap bahwa ada seminar Mario Teguh yang khusus untuk kalangan kecil dan kurang mampu.

Mari kita telaah kasus tersebut lebih dalam. Bukankah hanya orang yang melihat ke atas yang mampu melihat puncak tangga (sasaran/tujuan)? Cara mendekatkan kita pada tujuan bukan dengan berharap bahwa suatu saat tangga akan turun bukan? Puncak tangga adalah sasaran yang hendak Anda capai. Jika sasaran Anda menjadi orang yang kaya maka menurunkan puncak tangga sama artinya Anda membatalkan keinginan Anda untuk menjadi kaya.

Yang harus diupayakan adalah mengupayakan meninggikan diri (kemampuan diri) sehingga kita makin dekat dengan puncak tangga tersebut.

2. Menjadi Money Magnet

Alangkah enaknya ketika Anda menjadi magnet uang. Ke mana-mana uang datang pada kita.
Untuk bisa menjadi magnet uang maka langkah pertama adalah dengan cara mengatur pikiran Anda dengan benar. Kembali pada artikel minggu lalu, mind matter.

Kedua, walaupun Anda adalah magnet yang begitu kuat tetapi Anda tidak berada di tempat uang yang akan anda tarik apakah mungkin? Maka itu pilihlah dengan siapa Anda akan bergaul. Pilihlah komunitas yang memungkinkan Anda menarik uang lebih banyak. Mau tahu income Anda? Tidak akan jauh berbeda dengan lingkungan dengan siapa anda bergaul. Karena itu, jika Anda menginginkan income Anda naik sesuai target, pilihlah lingkungan Anda.
Berikutnya perbaiki konsep Anda tentang uang.

3. Money concept
Konsep-->Perilaku-->Kebiasaan-->Hasil

Konsep akan melahirkan perilaku, perilaku yang dilakukan secara berulang akan membentuk kebiasaan, kebiasaan kita menentukan hasil.

Jadi, untuk menjadi kaya perbaiki dulu konsep tentang uang.

Pernah dengar orang tua kita berkata: “uang tidak datang dari langit! Uang tidak tumbuh di pohon yang tinggal dipetik ketika butuh”. Apa makna kalimat tersebut? Mereka ingin mengatakan bahwa mencari uang SULIT bukan?

Ada lagi, habis pegang uang cuci tangan, uang itu kotor. Secara logika tidak ada yang salah dengan kata-kata tersebut bukan? Tetapi jika dikatakan berulang pada anak-anak kita maka yang akan mengendap di kepala mereka yang pada akhirnya masuk ke dalam alam bawah sadar adalah konsep tersebut. Yaitu mencari uang sulit, uang itu kotor.

Jika sejak dini kita dicekoki dengan konsep yang keliru tentang uang, maka perilaku kita dan akhirnya kebiasaan kita akan menerima konsep tersebut maka tidak heran pula pada hasil akhirnya melahirkan manusia-manusia yang menganggap mencari uang itu sulit, uang itu kotor sehingga tidak perlu dikejar.

Jadi, jika Anda ingin kaya, maka perbaiki konsep Anda tentang uang. Konsep yang salah tidak akan menjadikan diri Anda magnet uang.

1 komentar
  1. Susan bowman 13 Juli 2017 pukul 15.36  

    KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com